Rabu, 30 Januari 2013

Mengatasi Gangguan Camera (5)

Mengatasi Gangguan Camera (5)

What's New on CCD TV Lines? 
Parameter TV lines (TVL) dalam CCTV menyatakan jumlah garis telusur (scanning) yang dihasilkan oleh elemen CCD untuk membangun satu image yang utuh. Sekilas maknanya hampir mirip dengan pixel (singkatan dari picture element). Kendati teorinya berbeda, tetapi baik istilah TV lines ataupun pixel menyatakan seberapa halus suatu gambar bisa terbentuk. Umumnya dikatakan, makin besar parameter ini, maka hasil gambar akan semakin halus. TV lines standard saat ini umumnya 380TVL. Setelah itu naik ke 480TVL, kemudian 530TVL dan 550TVL untuk kategori camera yang "high resolution". Camera standard 380TVL pada umumnya sudah bagus, malah sering didapati warnanya lebih tajam ketimbang camera yang high resolution. Dari beberapa percobaan random, mayoritas staf teknik kami (tidak semua) lebih memilih warna "jreng" yang dihasilkan oleh camera standard 380TVL daripada warna yang natural dari camera High Resolution. Hal ini mungkin disebabkan mata kita sudah biasa "tertipu" oleh penguatan warna (sebagaimana cita rasa vetsin dalam masakan). 

Camera High Resolution walau bagaimanapun memberikan citra warna lebih natural dalam banyak hal, misalnya warna kulit manusia, daun dan pepohonan akan tampak lebih alami. Camera jenis ini bisa digunakan untuk mengamati corak kain, warna-warni kain, warna karpet dan untuk percobaan di Lab (misalnya untuk mengamati perubahan kalor). Dari percobaan kami, camera high resolution dapat memberikan gambar yang "masih terlihat" pada kondisi cahaya kecil dibanding dengan camera standard 380TVL. Inilah salah satu kelebihannya.

Temuan fenomenal saat ini, khususnya yang berkaitan dengan pada parameter TV lines adalah camera dengan 600TVL. Dikombinasikan dengan beberapa parameter lain seperti SBLC (Super Back Light Compensation), TDN (True Day&Night), DNR (Dynamic Noise Reduction), maka dikatakan camera 600TVL ini unggul pada cahaya rendah (low light) dan (tentu saja) dalam hal kehalusan detail. Berikut perbandingannya dengan chipset CCD lain:




Oleh karena spesifikasinya yang (begitu) baik, maka camera ini layak dimasukkan sebagai alternatif dalam desain penawaran, baik untuk tipe indoor ataupun outdoor. Dengan demikian setidaknya kita sudah mengurangi resiko adanya camera yang gelap di malam hari. Alasan itulah yang membuat kami memasukkan penjelasannya di bawah judul ini.


Next on Tanya Alarm & CCTV:  Resume Troubleshooting dalam Mengatasi Gangguan Camera.