Rabu, 30 Januari 2013

Masalah Keyboard Speed Dome

Masalah Keyboard Speed Dome

Masalah pengontrolan biasanya menimpa camera speed dome yang letaknya paling jauh dari keyboard. Tarikan kabel yang tidak daisy-chain dituding sebagai biang keladi persoalan keyboard yang sering macet. Tarikan daisy chain diperlihatkan pada gambar di bawah ini. Dalam teknik jaringan, cara ini dikenal dengan nama topologi bus. Terlihat kabel yang datang menuju keyboard hanya ada satu dan inilah yang benar menurut sisi kami!



Namun,  di lapangan persoalannya bisa menjadi lain. Letak camera yang berjauhan dan tidak dalam satu jalur yang lurus satu sama lain ternyata membawa fenomena baru. Adakalanya instalasi mengharuskan satu camera berada di Timur, satu di Barat, satu lagi di Utara dan sisanya di Selatan, seperti yang terlihat pada ilustrasi di bawah ini:



Kami memandang konstelasi speed dome seperti di atas paling tidak mengundang 3 (tiga) masalah, yaitu:

1. Kabel data akan datang dari berbagai jurusan (home run).
2. Total panjang fisik kabel adakalanya bisa melebihi 1200m. 
3. Kabel yang diparalel menyebabkan impedansi output keyboard mengecil, sehingga keyboard menjadi "berat".

Point pertama akan menyebabkan kabel menumpuk di satu titik tertentu sebelum masuk ke keyboard, bahkan bisa juga menumpuk di terminal keyboard itu sendiri.

Point kedua akan memberikan perhitungan panjang kabel yang rancu, bahkan bisa melebihi panjang max. yang dipersyaratkan oleh sistem RS-485, yakni 1200m.

Point ketiga, inilah yang menjadi pokok bahasan kita, yaitu impedansi keyboard menjadi kecil.

Ketiga faktor ini diduga kuat menjadi penyebab mengapa camera speed dome jadi tidak dapat dikontrol, terutama yang jaraknya paling jauh dari keyboard. Apakah andapun pernah mengalami hal serupa?