Rabu, 30 Januari 2013

Solusi Masalah Keyboard Speed Dome

Solusi Masalah Keyboard Speed Dome



Bagi yang sudah telanjur menarik kabel data (RS485) secara home-run untuk camera speed dome-nya, sehingga mengalami masalah pada pengontrolan, maka cobalah Troubleshooting berikut:


1. Matikan keyboard.
2. Lepaskan semua kabel data yang menumpuk pada terminal keyboard.
3. Masukkan satu kabel data dari camera terjauh saja. Kabel lainnya jangan dimasukkan dulu.
4. Coba lakukan test pan-tilt-zoom untuk camera speed dome ini terjauh ini. Perhatikan gelagatnya.
5. Masukkan lagi satu kabel lainnya (kali ini ada dua kabel di terminal keyboard), kemudian lakukan lagi test pan-tilt-zoom.
6. Demikian seterusnya,  satu demi satu kabel dimasukkan lagi seperti semula dan catat gelagatnya.

Dari pengamatan di atas, bisa saja pada saat tertentu pengontrolan camera menjadi macet dan speed dome seakan-akan "malas" melakukan perintah dari keyboard.

Menarik ulang kabel data bukan solusi yang disukai (khususnya bagi teknisi lapangan!). Jika masalah tak kunjung membaik, cobalah memasang RS-485 Data Distributor seperti terlihat pada gambar di bawah ini.  Dengan menambah unit ini, maka penumpukan kabel data pada keyboard tidak terjadi lagi. Semua kabel data dari berbagai jurusan di-"parkir" dulu pada unit Distributor ini, sedangkan kabel untuk keyboard masuk melalui terminal khusus. Dengan konfigurasi ini, sinyal data yang menuju speed dome menjadi "segar" kembali. Kini, camera speed dome terbebas dari "macet" saat dikontrol melalui keyboard.  Selamat mencoba !